Senin, 01 April 2013

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI

          LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas petunjuk-Nya , Kami dapat menyelesaikan tugas laporan tentang KUNJUNGAN INDUSTRI KE YOGYAKARTA ini pada waktu yang telah di rencanakan.
            Laporan  ini dibuat untuk menyelesaikan tugas dari guru kami dan agar para pembaca mengetahui lebih mendalam dan mendetail tentang industry-industri yang sangat maju.
            Laporan ini dapat menjadi media pembelajaran kalian para pembaca. Bahasa yang digunakan pun sederhana dan sesuai dengan ejaan yang berlaku . Para pembaca dapat mengembangkan dan mengevaluasi setelah membaca dan memahami isi bacaan dari makalah ini.
            Kami menyadari bahwa masih ada kekurangan dari penamppilan dan penyajian dalam buku ini, Kritik dan saran yang membangun dari pembaca akan kami terima dengan senang hati guna penyempurnaan pembuatan makalah yang laini berikutnya.
            Selamat membaca dan belajar. Semoga apa yang di baca dapat berguna bagi kita semua..


LATAR BELAKANG MASALAH

Kunjungan industry ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan dan untuk menjadi

ajang pendorong motivasi bagi siswa agar lebih bias meningkatkan prestasi belajarnya.

Kunjungan  industry ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan motivasi sekaligus

pengetahuan siswa. Kegiatan seperti ini patut menjadi contoh bagi kalangan siswa dan guru-guru

yang lainnya. Agar para siswanya memperoleh pengetahuan yang lebih dan mempunyai motivasi

untuk belajar dan bekerja dengan semaksimal mungkin dan agar mempunyai inspirasi untuk

kehidupan yang akan datang…



PENDAHULUAN

            Kegiatan kunjungan industry ini pada dasarnya di lakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi para siswa. Oleh karena itu kegiatan ini hrus di dukung oleh para guru dan karyawan lainnya. Supaya dapat menciptakan manusia yang memiliki kualitas yang seutuhnya.


LAPORAN KUNJUNGA INDUSTRI DI JOGJA

            Pada tanggal 25 mei 2011 kami keluarga besar tkj tahun ajaran 2010/2011 mengadaakan
 kunjungan industry ke Jogjakarta. Kegiatan ini dilaksankan untuk meningkatkan pengetahuan
dan motivasi para siswa agar lebih bisa menjadi pelajar yang berkualitas seutuhnya. Kami melaksanakan kunjungan industry ke jogjakarta pukul 06.00 yang sebelumnya para siswa kumpul di sekolah pukul 05.30. kami semua naik bus, bus yang kami kendarai untuk perjalanan
ada 2 bus. Walaupun bus yang kami kendarai berbeda, tetapi kami tetap menikmati pejalanan
dengan senang hati. Setelah beberapa jam pejalanan kami pun sampai  ke tempat tujuan yaitu
AMIKOM YOGYAKARTA . kami disan di smabut dengan sangat istimewa oleh para mahasiswa yang menjadi panitia pelaksana. Kami di sana sangat senang sekali karena kami
Di perlihatkan hal-hal yang belum saya ketahui. Kami di beritahu fasilitas-fasilitas yang ada
Di sana yang sangat hebat sekali , yaitu sebagai berikut :






Fasilitas di amikom     :
1.Fasilitas gedung 5 unit
2.Ruang kuliah multimedia
3.Lab broad casting
4.Lab multimedia dan computer grafis
5.Lab jaringan computer dan SO
6.Lab computer dasar dan aplikasi
7.Perpustakaan amikom
8.Ruang server (TE) time exselindo
9.Ruang jalu (kasus alumni)
10.Ruang studio radio MOFM 92.3
11.Ruang pembuatan film 3 dimensi

Fasilitas Di Amikom Yogyakarta

1.      LAB. BROADCASTING
STMIK AMIKOM menyediakan laboratorium Broadcasting dg sistem Non Linier Editing Standar Broadcast dilengkapi AVID System, Matrox RT2500 dan RX100 Real Time, Pinnacle System, Adobe Premiere Pro, Title Express, Sonic Foundry ACID Music, PhotoShop, Media Cleaner 5EZ, LSX-MPEG LE, DVDit! LE, Kamera Video Digital HDV Z1 (kamera untuk film layar lebar), DCR-VX2000, DSR-250P, DSR-PD170 dan Video Recorder Betacam Sony UVW 1800. Dari lab ini telah dihasilkan karya profesional: TV Commercial untuk STBA LIA, IMKI, Profil BAPPENAS dan Film Kartun JATAYU dan ABDAN.
2.      PERPUSTAKAAN
STMIK AMIKOM selain menyediakan Perpustakaan dalam bentuk buku, juga menyediakan dalam bentuk CD-ROM. Perpustakaan ini mendapat penilaian dengan peringkat A. Disediakan juga beberapa komputer untuk mengakses internet secara gratis dan menggunakan sistem E-Library.
3.      KLINIK KESEHATAN UMUM DAN POLI GIGI
Klinik kesehatan dibuka secara gratis khusus untuk seluruh civitas kampus STMIK Amikom Yogyakarta. Untuk jadwal klinik kesehatan umum setiap hari Senin, Rabu, Kamis, Jumat jam 8.30 sampai jam 12. Untuk poli gigi dibuka setiap hari Selasa & Kamis jam 12 -jam 2.
4.      LAB. INTERNET DAN E-COMMERCE
STMIK AMIKOM merupakan Perguruan Tinggi Komputer yang mempunyai Koneksi Jaringan Hot Spot dengan menggunakan “WiFi” (Wireless Fidelity) pertama di Kopertis Wilayah V. Laboratorium ini dilengkapi dengan 80 unit komputer dengan Server IBM E-Series 250.
5.      LAB. MULTIMEDIA
Laboratorium MULTIMEDIA paling lengkap dan tercanggih pada Sekolah Tinggi Komputer di Kopertis Wilayah V dengan komputer Pentium IV sebanyak 160 unit.
6.      LAB. JARINGAN KOMPUTER DAN SISTEM OPERASI
Laboratorium jaringan memiliki komputer canggih sebanyak 80 unit dengan SISTEM OPERASI paling lengkap pada Perguruan Tinggi Komputer di Kopertis Wilayah V.

7.      KERJASAMA
STMIK AMIKOM Yogyakarta mewakili masyarakat IT Yogyakarta menerima kunjungan Duta Besar Republik Hungaria Dr. György Busztin.
8.      RUANG KULIAH BER AC
Untuk kenyamanan mahasiswa dalam belajar mengajar, ruang kuliah ber-AC, dan merupakan satu-satunya Sekolah Tinggi komputer di Kopertis Wilayah V dgn ruang kuliah ber-AC dan dilengkapi alat pengajaran modern (Multimedia) serta sistem presensi elektronik.
9.      LAB. KOMPUTER DASAR DAN APLIKASI
Laboratorium Komputer Dasar dan Aplikasi terdiri dari 160 unit computer


SEJARAH BERDIRINYA Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta (selanjutnya disebut STMIK AMIKOM YOGYAKARTA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Provinsi DIY Kabupaten Sleman di bawah naungan Yayasan AMIKOM Yogyakarta.
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA adalah sebuah perguruan tinggi hasil pengembangan dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer "AMIKOM YOGYAKARTA". AMIKOM Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi yang didirikan berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 084/D/O/1994 tentang Pemberian Status Terdaftar kepada Jurusan / Program Studi untuk Jenjang Program Studi D-III pada AMIKOM Yogyakarta di DIY dan bernaung di bawah Yayasan "AMIKOM YOGYAKARTA”.
AMIKOM Yogyakarta memiliki Program Studi Manajemen Informatika dan Teknik Informatika. Program studi ini masing-masing dikelola oleh seorang Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan yang didukung oleh Perangkat Dosen, dan Staff Administrasi.
Secara keseluruhan lembaga akademik saat itu dipimpin oleh seorang Direktur dibantu oleh beberapa Pembantu Direktur, Pelaksana Akademik, Unsur Pelaksana Administratatif, Unit Pelaksanaan Teknis, Unsur Penelitian dan Pengembangan dan beberapa unsur pendukung lainnya.
Pada tahun 2002, program D-3 Manajemen Informatika telah di Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan SK BAN PT Nomor: 010/BAN-PT/Ak-I/Dpl-III/VIII/2002 dan mendapatkan akreditasi A.
Seiring dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli yang memahami dan terampil di bidang tersebut, maka AMIKOM menambah program S-1, dan berubah menjadi STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA.
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tanggal 24 April 2002, Nomor. 75/D/O/2002 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan Pendirian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta di DIY (Perubahan bentuk dari AMIKOM) yang diselenggarakan oleh Yayasan AMIKOM Yogyakarta di DIY.
Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, STMIK AMIKOM YOGYAKARTA diberi ijin untuk menyelenggarakan program studi:
1.    Teknik Informatika untuk jenjang Program Sarjana (S1)
2.    Sistem Informasi untuk jenjang Program Sarjana (S1)
3.    Manajemen Informatika untuk jenjang Program Diploma - III (D-3)
4.    Teknik Informatika untuk jenjang Program Diploma-III (D-3)
Penyelenggaraan Program Studi Sistem Informasi untuk jenjang Program Sarjana (S1) secara khusus didukung oleh Departemen Pendidikan Nasional, dengan surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor: 2704/D/T/2004 perihal Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi pada STMIK AMIKOM YOGYAKARTA.

Di Perpustakaan AMIKOM Yogyakarta, Anda akan menjumpai berbagai buku, literatur, diktat kuliah, majalah dan referensi lengkap mengenai ekonomi, manajemen, pemrograman, hingga multimedia. Untuk menunjang proses praktik dan pemahaman materi, Perpustakaan AMIKOM Yogyakarta juga menyediakan layanan peminjaman CD-ROM.
Sebagai lembaga pendidikan tinggi di bidang informatika, kami senantiasa memantau perkembangan teknologi informasi agar kami dapat melengkapi koleksi perpustakaan kami dengan buku-buku terkini, baik dari terbitan dalam negeri maupun internasional.
Perpustakaan AMIKOM Yogyakarta menyediakan apa yang Anda butuhkan. Mulai dari buku tentang tips memulai karir dan bisnis, memanajemen sebuah organisasi, hingga buku tentang menjadi seorang yang sukses. Karena di STMIK AMIKOM Yogyakarta, Anda tidak hanya dibentuk menjadi seorang professional di bidang informatika, namun juga menjadi seorang yang memiliki daya kompetensi yang tinggi dalam dunia bisnis. STMIK AMIKOM Yogyakarta memprioritaskan anggaran untuk pengembangan Perpustakaan. Karena kami yakin perpustakaan adalah sumber utama bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Baik-buruknya suatu perpustakaan tidak ditentukan dari kuantitas koleksinya, akan tetapi cenderung pada kualitas koleksinya. Perpustakaan AMIKOM Yogyakarta telah bekerjasama dengan berbagai penerbit buku-buku berkualitas baik dari dalam ataupun luar negeri untuk memenuhi kebutuhan akan buku-buku terkini yang berkualitas. Mulailah berkunjung dan arahkan visi Anda menuju masa depan yang sukses.
Jenis Jasa dan Layanan
1.    Pelayanan Buku
§    Dapat dibawa pulang
§    Maksimal meminjam 2 buku dengan judul yang berbeda
§    Tidak ada kode "R" pada barcode buku
§    Masa pinjam 7 hari dengan perpanjangan 1 kali
§    Keterlambatan pengembalian, dikenakan denda sebesar Rp 100,- per buku per hari
§    Merusak, merobek, atau menghilangkan buku harus diganti dengan buku yang sama atau denda sebesar 2 kali lipat harga buku tersebut saat ini
2.    Pelayanan Pustaka Rujukan / Referensi
§    Tidak untuk dibawa pulang
§    Memiliki kode "R" pada barcode buku
§    Dapat di copy dengan menghubungi petugas perpustakaan dengan jaminan berupa KTM atau identitas lain yang masih berlaku
§    Skripsi atau Tugas Akhir tidak diperkenankan untuk di copy
3.    Pelayanan CD
§    Dapat dibawa pulang
§    Maksimal meminjam 1 buah CD
§    Masa pinjam 7 hari
§    Denda keterlambatan sebesar Rp 100,- / CD
4.    Pelayanan Majalah dan Koran
§    Tidak untuk dibawa pulang
§    Dapat di copy dengan menghubungi petugas perpustakaan dengan jaminan berupa KTM atau identitas lain yang masih berlaku
§    Masa pinjam 3 jam
5.    Pelayanan Penyerahan Tugas Akhir / Skripsi
§    Menyerahkan Tugas Akhir / Skripsi dan CD software-nya (perorangan atau kelompok) sebanyak 1 buah
§    Mendapatkan surat pengantar yang digunakan untuk yudisium
Jam Pelayanan
Hari    Operasional    Istirahat
Senin - Kamis    07.00 - 16.30 WIB    -
Jumat    07.00 - 16.30 WIB    11.30 - 13.30 WIB
Sabtu    07.00 - 14.00 WIB    -
Tata Tertib Pengunjung
§    Berpakaian sopan dan rapi (tidak mengenakan kaos oblong, sandal jepit, atau topi)
§    Menitipkan tas, map, jaket, dan bawaan lainnya pada tempat penitipan
§    Dompet dan barang berharga tidak diletakkan pada tempat penitipan karena kehilangan barang tersebut bukan tanggung jawab petugas
§    Menjaga ketenangan, ketertiban, keamanan, dan kebersihan
§    Tidak merokok, makan, atau minum di dalam perpustakaan
§    Tidak membuat coretan di meja, kursi, dinding, buku yang dipinjam, dan seluruh koleksi beserta properti perpustakaan
§    Apabila tidak berkepentingan belajar, tidak diperkenankan berada di ruang perpustakaan
Sanksi
§    Merusak, merobek, atau menghilangkan buku / CD yang dipinjam harus diganti dengan buku / CD yang sama atau denda sebesar 2 kali lipat harga buku saat ini
§    Membawa bahan pustaka (buku, CD, Tugas Akhir / Skripsi) tanpa prosedur yang berlaku, maka dicabut haknya sebagai anggota perpustakaan dan dikenai sanksi administratif serta akademis
Prosedur Peminjaman dan Pengembalian
§    Peminjaman
1.    Menunjukkan KTM STMIK AMIKOM Yogyakarta yang masih berlaku milik sendiri
2.    Mencari buku yang akan dipinjam di rak atau mencari koleksi CD pada katalog CD
3.    Bawa ke petugas perpustakaan
4.    Setelah dilakukan proses scanning dengan barcode, buku / CD dapat dibawa pulang
§    Pengembalian
1.    Membawa buku / CD yang dipinjam ke petugas perpustakaan pada bagian pengembalian
2.    Jika meminjam 2 koleksi, maka pengembaliannya harus bersamaan
3.    Membayar denda apabila terlambat
4.    Setelah dilakukan proses scanning dengan barcode pada koleksi yang dipinjam, maka proses pengembalian selesai
Lain-lain
§    Peraturan ini dibuat dengan maksud untuk mendaya-gunakan perpustakaan secara maksimal, adil, dan merata.
§    Hal-hal yang belum diatur, akan diatur kemudian.
Peraturan ini berlaku sejak saat ditetapkan.


PENUTUP

Demikianlah laporan yang telah kami buat tentang KUNJUNGAN UNDUSTRI KE JOGJAKARTA materi yang di bahas dalam makalah ini masih sangat sedikit. Hanya sebagai dasar saja bagi para pembaca agar mengetahui sedikit tentang kunjungan industry ke Jogjakarta di amikom. Diharapka para pembaca dapat memetik manfaat dari laporan ini dan dapat menjadi motivasi hidup anda semua.
Setelah membaca laporan ini semoga para pembaca mempunyai nilai lebih untuk dapat memajukan sumber daya manusia yang mendatang…
                                                                                                            Salam penulis


KESIMPULAN

Dari kunjungan industri ini dan laporan ini semoga kami dapat memetik pelajaran dan
hikmah yang dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan kelak kita dapat menerapkan apa yang dapat kita petik tadi dari laporan ini maupun dari perjalanan. Serta apa yang saya tulis ini dapat menigkatkan pengetahuan dan motivasi bagi kita semua.



KESAN DAN PESAN

Dari perjalanan dan kujungan yang kami lakukan ini kami sangat senang sekali dan sangat bahagia. Serta kami dapat memetik pelajaran yang sangat berharga bagi hari yang akan datang. Kesan yang sangat berharga bagi saya adalah kebersamaan dengan teman-teman


DAFTAR PUSTAKA

·         Dari browsing internet            http://menu.amikom.ac.id/
·         Dari wawancara langsung dari  narasumber
·         Dari sembaran brosur dari AMIKOM YOGYAKARTA

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

like 2

like

ALL connect